CARA MENGENTRI PENDAPATAN
Menu pendapatan digunakan untuk melakukan penginputan data anggaran pendapatan pemerintah Desa. Pendapatan tersebut
dapat berupa Hasil Pengelolaan
Tanah Kas Desa, Hasil Pengelolaan Pasar Desa, Hasil Usaha Desa Lainnya, Hasil
Swadaya, Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan Pendapatan Hibah dari Pemerintah Pusat.
Untuk dapat melakukan penginputan data pendapatan lakukan langkah-langkah
berikut:
1. Pilih menu Data Entry =>Penganggaran => Isian
Data Anggaran
2. Pilih Desa =>Nama Kecamatan kemudian pilih Nama Desa
Data Anggaran
2. Pilih Desa =>Nama Kecamatan kemudian pilih Nama Desa
3. Kemudian pilih
Pendapatan sehingga
tampak isian formulir
sebagai berikut.
sebagai berikut.
4. Klik pada tombol Tambah
5. Klik tombol untuk memilih kode
rekening
pendapatan
6. Pilih Kode Nama Kelompok Pendapatan, Nama Jenis Pendapatan, dan Nama
Obyek
Pendapatan.
7. Klik tombol Simpan untuk menyimpan pilihan
pendapatan.
8. Lakukan double klik pada nama pendapatan sehingga tab berpindah pada rincian data
RAB Pendapatan.
9. Lakukan Pengisian data RAB dengan memasukkan Rincian RAB, contoh Retribusi Sawah Ladang 12 bulan x Rp 1.500.000,00. Secara otomatis perkalian bulan dan satuan bulan terkalkulasi. Hasil perkalian juga langsung direkap pada
obyek
pendapatan yang bersangkutan.
10. Akhiri dengan
tombol Simpan atau Batal
CARA MENGENTRI BELANJA
Menu belanja digunakan untuk melakukan penginputan data anggaran belanja pemerintah Desa. Penginputan data belanja dilakukan sesuai dengan bidang dan
kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan desa antara lain dapat berupa: Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan, Kegiatan Operasional Kantor Desa, Kegiatan Operasional BPD, Kegiatan Operasional RT/RW, dan Kegiatan
Penyelenggaraan Musyawarah Desa. Daftar nama bidang dan kegiatan tersebut
harus sudah diinput terlebih dahulu dalam formulir Bidang dan Kegiatan pada
tahap sebelumnya.
Untuk dapat melakukan input
data Belanja desa lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Klik menu Data Entri
– Penganggaran – Isian
data Anggaran
2. Pilih
Desa => Double klik Kecamatan dan
Nama Desa
3. Pilih tombol Belanja
sehingga
tampak formulir berikut.
4. Double klik
nama bidang
sehingga tab berpindah ke kegiatan
5. Double klik nama kegiatan sehingga tab berpindah pada RAB sehingga tampak isian formulir
berikut
6. Klik Tambah dan
pilih
kode rekening
belanja dengan
menekan
tombol
7. Pilih kode rekening belanja desa mulai dari level kelompok, jenis dan obyek
belanja.
8. Klik Simpan untuk menyimpan hasil pilihan rekening belanja.
9. Double klik nama rekening yang sudah tersimpan sehingga tab berpindah pada Rincian RAB seperti
tampak berikut.
11. Isi uraian belanja sesusai dengan peruntukannya, jumlah satuan, satuan belanja, harga satuan dan sumber dana.
12.
Klik
Simpan bila sudah selesai, secara otomatis jumlah terkalkulasi dan direkap
pada obyek belanja
yang
bersangkutan.
No comments:
Post a Comment