Thursday, October 10, 2019

CARA MENGENTRI DATA PENDAPATAN & BELANJA


CARA MENGENTRI PENDAPATAN 
Menu pendapatan digunakan untuk melakukan penginputan data anggaran pendapatan pemerintah Desa. Pendapatan tersebut dapat berupa Hasil Pengelolaan Tanah Kas Desa, Hasil Pengelolaan Pasar Desa, Hasil Usaha Desa Lainnya, Hasil Swadaya, Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan Pendapatan Hibah dari Pemerintah Pusat.

Untuk dapat melakukan penginputan data pendapatan lakukan langkah-langkah berikut:
1.    Pilih menu Data Entry =>Penganggaran => Isian 
       Data Anggaran
2.    Pilih Desa =>Nama Kecamatan kemudian pilih Nama Desa

3.    Kemudian pilih Pendapatan sehingga tampak isian formulir 
       sebagai berikut.



4.    Klik pada tombol Tambah
5.    Klik tombol     untuk memilih kode rekening pendapatan
6.    Pilih Kode Nama Kelompok Pendapatan, Nama Jenis Pendapatan, dan Nama Obyek Pendapatan.

7.    Klik tombol Simpan untuk menyimpan pilihan pendapatan.

8.    Lakukan double klik pada nama pendapatan sehingga tab berpindah pada rincian data RAB Pendapatan.



9.  Lakukan Pengisian data RAB dengan memasukkan Rincian RAB, contoh Retribusi Sawah Ladang 12 bulan x Rp 1.500.000,00. Secara otomatis perkalian bulan dan satuan bulan terkalkulasi. Hasil perkalian juga langsung direkap pada obyek pendapatan yang bersangkutan.
10. Akhiri dengan tombol Simpan atau Batal

CARA MENGENTRI BELANJA

   Menu belanja digunakan untuk melakukan penginputan data anggaran belanja pemerintah Desa. Penginputan data belanja dilakukan sesuai dengan bidang dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan desa antara lain dapat berupa: Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan, Kegiatan Operasional Kantor Desa, Kegiatan       Operasional       BPD,     Kegiatan       Operasional       RT/RW,    dan    Kegiatan
Penyelenggaraan Musyawarah Desa. Daftar nama bidang dan kegiatan tersebut harus sudah diinput terlebih dahulu dalam formulir Bidang dan Kegiatan pada tahap sebelumnya.

Untuk dapat melakukan input data Belanja desa lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Klik menu Data Entri – Penganggaran – Isian data Anggaran 
2. Pilih Desa => Double klik Kecamatan dan Nama Desa
3. Pilih tombol Belanja sehingga tampak formulir berikut.


4. Double klik nama bidang sehingga tab berpindah ke kegiatan
5. Double klik nama kegiatan sehingga tab berpindah pada RAB sehingga tampak isian formulir berikut

6. Klik Tambah dan pilih kode rekening belanja dengan menekan tombol
7. Pilih kode rekening belanja desa mulai dari level kelompok, jenis dan obyek belanja.
8. Klik Simpan untuk menyimpan hasil pilihan rekening belanja.
9. Double klik nama rekening yang sudah tersimpan sehingga tab berpindah pada Rincian RAB seperti tampak berikut.

10. Klik tambah dan secara otomati nomor urut terisi.
11. Isi uraian belanja sesusai dengan peruntukannya, jumlah satuan, satuan belanja, harga        satuan dan sumber dana.
12. Klik Simpan bila sudah selesai, secara otomatis jumlah terkalkulasi dan direkap pada obyek belanja yang bersangkutan.



No comments:

Post a Comment