Secara umum menu data entri dibagi dalam 3 kelompok menu yang disesuaikan dengan tahapan pengelolaan keuangan desa. Pengelompokan menu data entri dimaksud terdiri
dari:
a) Modul – Penganggaran, merupakan kelompok menu yang digunakan untuk
melakukan proses penyusunan anggaran dengan output
utama APBDesa.
b. Modul – Penatausahaan, merupakan kelompok menu yang digunakan untuk melakukan proses penatausahaan dalam tataran pelaksanaan anggaran APBDesa yang meliputi pengajuan SPP, pencairan dan pertanggungjawaban. Output utama
menu
ini
adalah
buku-buku penatausahaan keuangan desa.
c) Modul – Pembukuan, merupakan kelompok menu dalam rangka
menghasilan laporan keuangan Pemerintah Desa yang meliputi Laporan Pelaksanaan
Anggaran APBDesa dan Laporan Kekayaan
Milik Desa.
Petunjuk penggunaan masing-masing kelompok menu dijelaskan dalam selanjutnya
A. DATA UMUM DESA
Menu Isian Data Anggaran digunakan untuk melakukan penginputan data pemerintah Desa seperti nama kepala desa, nama sekretaris desa, tanggal perdes, dan
tanggal
PAK.
Petunjuk Pengoperasian
1 Diisi dari menu Data Entry =>Penganggaran=>Isian Data Anggaran=>Pilih Desa=>Kecamatan=>Desa=>Data Umum
2 Klik pada
tombol Tambah
dan diakhiri
dengan tombol
Simpan atau
Batal
Contoh
Data
Umum
Desa
Nama Kepala Desa :
Jabatan Kades :
Untuk Pengisian Data Umum desa dapat diisi sesuai dengan nama desa
masing-masing.
Nama
Sekretaris :
Desa
Jabatan Sekdes :
Nama
Kaur
Keu :
Jabatan Kaur Keu :
Nama Bendahara Desa :
Jabatan Bendahara :
System Requirement Penganggaran :
Status APBDesa agar diset sebagai AWAL apabila proses penyusunan anggaran baru dimulai. Sedangkan pengubahan status menjadi PAK hanya boleh dilakukan
pada proses perubahan anggaran APBDesa. Pengubahan status dari AWAL menjadi PAK dilakukan
sesaat sebelum
melakukan input
perubahan APBDesa.
B. BIDANG DAN
KEGIATAN
Menu Kegiatan dilakukan untuk memilih dan melakukan penginputan data bidang dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa yang bersangkutan pada tahun anggaran berjalan. Pada menu ini juga dilengkapi dengan atribut kode kegiatan kegiatan, lokasi,
waktu,
nama
PTPKD, keluaran,
dan pagu anggaran kegiatan.
Untuk melakukan
input data bidang dan
kegiatan lakukan
langkah-langkah berikut
ini:
1. Klik menu
Data
Entry =>Penganggaran =>Isian Data Anggaran
2. Pilih
Kode
Desa
=>nama Kecamatan kemudian pilih
Nama Desa
3. Pilih tombol Kegiatan sehingga terbuka tab bidang kegiatan sehingga tampak isian formulir
berikut.
4. Klik pada tombol Tambah dan pilih kode Bidang dengan melakukan klik
pada tanda sehingga tercantum daftar bidang sebagaimana dimaksud
dalam Permendagri Nomor 113 Tahun 2014.
Catatan: Pengguna aplikasi tidak diperbolehkan menulis secara manual kode dan nama bidang
kegiatan.
5. Lakukan double klik nama bidang sehingga tab pindah ke “Kegiatan”
sehingga
tampak seperti berikut.
6. Klik tombol tambah untuk memulai entri
data kegiatan
7. Pilih kode dan nama kegiatan dengan melakukan klik pada tombol
sehingga tercantum daftar nama kegiatan yang sudah ditetapkan oleh Kepala Daerah.
8. Isi data lokasi kegiatan, waktu pelaksanaan, nama PPTKD dan pagu anggaran kegiatan sesuai
RAB.
9. Akhiri
dengan
tombol Simpan atau Batal
bila tidak
jadi.
No comments:
Post a Comment